Pre-Event KIGP Gemilang, TR 2 Webinar Anti Stress Belajar di Rumah

Jakarta – Pada 1 September-5 Oktober 2020 lalu, TR 2 baru saja membuka periode registrasi salah satu event ter-anyar-nya, yaitu Kompetisi IndiHome Generasi Prestasi (KIGP) Gemilang Jabbodetabek. Salah satu bentuk pre-event, tim Consumer Marketing (CM) TR 2 mengadakan webinar bertajuk “Anti Stress Belajar di Rumah”, Rabu (7/10). Total sebanyak 115 orang mengikuti webinar ini. Tak tanggung-tanggung, pembicara yang dihadirkan pun datang dari kalangan psikolog yaitu Yasmin Nur Edwina, M.Psi, Psikolog Anak & Keluarga dari TigaGenerasi.

Kompetisi IndiHome Generasi Prestasi (KIGP) Gemilang Jabodetabek ini merupakan turnamen edukasi berbasis online dengan sistem pengerjaan try out online melalui http://indihomestudy.com di babak penyisihan dan cerdas cermat online untuk babak semifinal dan final. Adapun peserta yang berhak mengikuti agenda ini adalah siswa aktif SD, SMP, dan SMA di Jabbodetabek. Kegiatan webinar Anti Stress Belajar di Rumah dipilih juga sebagai bentuk engagement ke calon peserta yang disasar dalam event ini yaitu para pelajar.

Pada masa pandemik COVID-19 seperti sekarang ini, belajar di rumah menjadi sebuah kenormalan baru. Pada satu sisi kebijakan ini sebagai langkah untuk mengurangi tingkat penularan virus namun di sisi lain akan ada dampak bagi kehidupan sosial siswa. Wujud kepedulian Telkom dan IndiHome atas fenomena maka dibuat program edukasi dalam bentuk webinar untuk memberikan pengetahuan kepada siswa maupun orang tua tentang bagaimana cara mengadapi stress selama mengikuti kegiatan learning from home.

Pada webinar ini, para peserta diajak untuk menggali faktor-faktor yang membuat pelajar stress belajar di rumah. Faktor-faktor yang dimaksud, antara lain perubahan ritme dan rutinitas keseharian, pemabahan pelajaran dan beban tugas, tidak ada kontak sosial langsung dengan teman, tuntutan ekspektasi yang tinggi dari guru dan orang tua, ketidakpastian akhir dari fase sekolah di rumah, online fatigue, lingkungan belajar di rumah yang tidak ideal, cara belajar daring yang monoton, hingga jaringan internet yang tidak stabil.

“Tantangan belajar di rumah tidak bisa terhindarkan, kuncinya adalah sehat MENTAL. Apa itu MENTAL? Manajemen energi dan prioritas, Eksplorasi diri dan kenali diri anak, Nyaman bersama keluarga di rumah, Tetap bangun mindset sehat, Akui dan cari bantuan jika butuhkan, dan Latihn anak menjadi independent learners,” ujar Yasmin.

Harapannya, webinar ini dapat memberikan tips yang bermanfaat bagi para peserta dalam mengelola stress saat belajar di rumah. Untuk info event seru lainnya, jangan lupa follow akun @indihomejabotabek. (chintya/red01)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Berita Lainnya